.... Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H...... Mohon maaf lahir dan batin....

Senin, 23 April 2012

Tanaman Nipah alias Nypa fruticans Wurmb

Tanaman Nipah atau Nypa fruticans Wurmb.



Spesies : Nypa fruticans Wurmb.
Nama Inggris : Nipa palm, mangrove palm .
Nama Indonesia : Nipah
Nama Lokal : nipah, buyuk (Jawa), bobo (Maluku).
Deskripsi : Palem besar yang menjalar. Daun dalam 3-5 tangkai, tegak bergerombol di ujung, menyirip. Perbungaan soliter, tegak, tumbuh di antara daun, bercabang, berdaun gagang banyak. Buah pelok, tumbuh dari 1 karpel, padat dan bersudut tidak beraturan, piramid, coklat sampai kehitaman, eksokarp halus, mesokarp berserat, endokarp tebal dan terdiri dari unting berserat yang berjalinan. Biji membulat telur lebar, beralur menjauh, endosperma homogenus.
Distribusi/Penyebaran : Nipah merupakan salah satu angiospermae tertua dan kemungkinan besar jenis palem tertua. Fosil-fosil Eocene dan Miocene dari Eropa, Amerika Utara dan Timur Tengah dan strata Paleocene di Brasil menunjukkan bahwa nipah penyebarannya pantropis pada 13-63 juta tahun yang lalu. Saat ini utamanya dijumpai di daerah equator, melebar dari Sri Lanka ke Asia Tenggara sampai Australia Utara. Diintroduksi ke Afrika Barat di awal abad ke-20. Tegakan nipah alami terbesar dijumpai di Indonesia (700 000 ha), Papua Nugini (500 000 ha) dan Filipina (8000 ha). Keberadaan alami paling utara dari jenis ini terdapat di kepulauan Ryukyu, Jepang dan paling selatan di Australia Utara. Di Asia Tenggara, nipah juga dibudidayakan.
Habitat : Nipah adalah tumbuhan tropis. Rata-rata suhu minimum pada daerah pertumbuhannya adalah 20°C dan maksimumnya 32-35°C. Iklim optimum adalah agak lembab sampai lembab dengan curah hujan lebih dari 100 mm per bulan sepanjang tahun. Nipah tumbuh subur hanya pada lingkungan air yang asin. Jarang dijumpai langsung di pantai. Kondisi optimum adalah saat bagian dasar palem dan rimpangnya terendam air asin secara reguler.

Karena itu nipah mendiami daerah muara sungai yang masih mendapat akibat arus pasang surut dari sungai. Konsentrasi garam optimum adalah 1-9 per mil. Tanah rawa nipah berlumpur dan kaya akan endapan alluvial, tanah liat dan humus; kandungan garamnya bukan organik, kalsium, sulfur, besi dan mangaan tinggi, yang mempengaruhi aroma dan warna gelapnya. pH sekitar 5; kandungan oksigen rendah kecuali lapisan paling atas. Biasanya nipah dapat membentuk tegakan murni, tetapi di beberapa daerah tumbuh bercampur dengan pohon-pohon bakau yang lain.
Perbanyakan : Perbanyakan generatif dengan biji (buah) dan vegetatif dengan rimpang yang bercabang. Di Papua New Guinea, metode `pocket and channel` telah digunakan dengan baik untuk memperbanyak nipah. Buah ditanam langsung pada kantong plastik atau di lubang sedalam 10-20 cm sepanjang tepi kanal-kanal irigasi. Di Filipina, kecambah ditumbuhkan dulu di persemaian kemudian dipindah ke lubang-lubang. Jarak tanam 1.5-2 m, selanjutkan dijarangkan menjadi 400 tanaman per ha. Tegakan alami nipah biasanya rapat; di Papua New Guinea 2000-5000, di Filipina sampai 10 000 tanaman per ha.



Manfaat tumbuhan :
Di Asia Tenggara, terdapat tradisi lama (ratusan tahun) dalam menggunakan cairan nipah yang disadap dari gagang perbungaan sebagai sumber sirup gula, gula tak berbentuk, alkohol atau cuka. Cairan nipah yang sedikit difermentasi, dikenal dengan 'toddy' ('nira' di Indonesia dan Malaysia, `tuba` di Filipina) dijual dan dikonsumsi sebagai bir lokal. Di Papua Nugini, tidak ada tradisi memanfaatkan air nipah. Daunnya untuk atap rumah.

Di Filipina, Malaysia, Indonesia dan Thailand, pembuatan sirap merupakan sumber pemasukan lokal yang nyata. Pinak daun dan tulang daun untuk membuat sapu lidi, keranjang, tikar dan topi. Endosperma putih dari biji mudanya manis dan seperti jelly, dikonsumsi sebagai makanan ringan. Daun muda yang masih menggulung digunakan secara lokal untuk pembungkus rokok.

Berbagai bagian dari nipah merupakan sumber obat tradisional (seperti air dari batang muda digunakan sebagai obat herpes, abu dari nipah yang sudah dibakar bisa menyembuhkan sakit gigi dan kepala) dan bahan ekstraksi garam. Beberapa percobaan awal untuk menggunakan endokarp dari buah yang tua, disebut `plant ivory`, untuk membuat kancing gagal karena rentan terhadap serangan jamur, dan telah digantikan
dengan bahan plastik.

Nipah berpotensi dalam produksi gula, cuka dan alkohol. Gula tersedia langsung dalam bentuk sukrosa. Cairan dari nipah dalam bentuk liquid, sehingga tidak ada masalah seperti dalam gula tebu. Nipah tumbuh pada tanah yang tidak cocok bagi tanaman pangan yang lain. Penyadapan dapat dilakukan sepanjang tahun, sehingga mengurangi pergerakan buruh musiman dan masalah-masalah sosial yang berkaitan dengannya.

Kerugian dalam mengeksploitasi nipah adalah kebutuhan akan buruh manual dibandingkan dengan gula tebu dan kesulitan dalam menjalankan mesin diantara pohon-pohon karena tanah yang gembur dan ketinggian air yang berfluktuasi. Agar industri gula nipah sukses, metode perlu dikembangkan untuk menghambat inversi sukrosa yang cepat dan fermentasi dari cairan nipah.

Penelitian perlu dilakukan untuk mengetahui mekanisme fisiologi yang mengatur aliran cairan nipah dan pengaruh perlakuan pendahuluan terhadap gagang perbungaan. Hal ini mungkin akan bermanfaat dalam usaha pengurangan kebutuhan yang tinggi terhadap buruh manual dalam pemanfaatan nipah.

Nipah berpotensi untuk menjadi tanaman pangan penghasil energi, karena dapat menghasilkan alkohol 11000 l per ha per tahun, lebih besar dari yang dihasilkan oleh gula tebu (5 500 l) dan ketela pohon (1350 l).
Sinonim : Nipa fruticans Thunb. (1782), Cocos nypa Lour. (1790), Nipa litoralis Blanco (1837).
Sumber Prosea : 9: Plants yielding non-seed carbohydrates p.133-137 (author(s): Flach, M. & Rumawas, F.)
Kategori : Tumbuhan pantai

2 komentar:

  1. Assalamualikum Wr. Wb
    Perkenalkan nama saya Acep Deky, seorang mahasiswa fakultas farmasi di daerah bandung. Saya tertarik dengan tanaman nipah ini berkaitan dengan kandungan di dalamnya, jadi saya memutuskan untuk melkukan penelitian mengenai tanaman nipah ini dan ini sebagai tugas akhir skripsi saya.
    Maaf sebelumnya, namun saya sekarang membutuhkan pertolongan bapak, karena saya sekarang kesulitan untuk menemukan tanaman nipah ini di sekitar rumah saya, dikarenakan rumah saya yang tergolong jauh dari habitat tanaman nipah ini. Jadi saya mau meminta tolong kepada Bapak yth ini untuk kalau bisa mengirim tanaman nipah ini (Khususnya bagian buahnya) kepada saya.. semua biaya nya kita bisa bicarakan kembali.. tolong bantuannya, saya sangat bergantung pada tanaman nipah tersebut.
    Terimakasih sebelumnya, Assalamualaikum wr. wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan
      silahkan hubungi
      Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
      supaya lebih jelas

      Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB

      ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya

      Hapus