.... Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H...... Mohon maaf lahir dan batin....

Senin, 23 April 2012

Pabrik Bioethanol berbahan Nira Nipah

Kementerian ESDM Bangun 2 unit Pabrik Pengolahan Biothanol

BENGKALIS (VOKAL)-Potensi tanaman nipah (nypa fruticans) yang melimpah di Kabupaten Bengkalis, menarik perhatian Kementerian ESDM. Terbukti, 2 unit pabrik pengolahan bioethanol berbahan baku nira nipah di bangun di Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Kecamatan Siak Kecil.

Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh beserta SKPD, dalam kunjungan kerja (kunker)nya ke sana, akhir pekan lalu, juga menyempatkan diri melihat pabrik pengolahan minyak tanah berbahan baku nira dan nipat tersebut. Bupati menilai, potensi tanaman nipah di Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Siak kecil, sangat besar dan layak dibangun pabrik pengolahan bioethanol. Keberadaan pabrik itu akan membuka lapangan kerja bagi masyakarat setempat untuk menyadap/menoreh nira dari tanaman nipah, untuk kemudian dijual di pabrik.

"Saya melihat potensi nipah di sini belum tergarap maksimal. Jika sudah ada pabrik, maka kegiatan ini bisa menjadi sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat," kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, pembangunan pabrik di Kabupaten Bengkalis itu, merupakan program percontohan skala kecil di Indonesia yang dicanangkan Kementerian ESDM. "Maka kita minta kepada Kepala Balitbang untuk segera melakukan penataan terhadap lahan-lahan nira tersebut. Saya tidak ingin ada permasalahan di kemudian hari," tegas Bupati sembari memuji program pemerintah pusat itu yang dianggap menyentuh langsung ke masyarakat.

Bupati berharap, kepada masyarakat yang desanya terpilih, untuk membudidayakan tanaman nipah. Artinya, pemerintah terus berupaya memperjuangkan agar pabrik bioethanol ini bisa segera terealisasi dan memberikan imbas positif bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis.

"Ini adalah realisasi. Sudah saatnya kita membuat terobosan mengembangkan tanaman nipah untuk bioethanol, dan tidak lagi sekedar tanaman semak. Saya menghimbau masyarakat untuk saling mendukung dengan melestarikan tanaman nipah tersebut," harap Bupati. (ias)

Sumber : http://www.harianvokal.com/index1.php?module=detailberita&id=227

2 komentar:

  1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan
    silahkan hubungi
    Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    supaya lebih jelas

    Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB

    ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya

    BalasHapus
  2. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus