.... Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H...... Mohon maaf lahir dan batin....

Senin, 23 April 2012

Manisnya Gula Nipah Desa Tanjung Putri Kalimantan Tengah

Manisnya Gula Nipah Desa Tanjung Putri

Pihak Yayorin memrakarsai usaha pembuatan Gula nipah di Desa Tanjung Putri. Hasilnya, gula nipah yang manis dan gurih pun tercipta. Namun, warga masih terkendala permodalan untuk mengembangkan usaha ini.

Yayasan Orangutan Indonesia (Yayorin) yang berdomisili di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat terus mengupayakan peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Salah satunya dengan membina warga sekitar dalam upaya budidaya pohon nipah. Hasilnya, sejumlah usaha rumah tangga pun berdiri untuk menghasilkan produk gula merah yang manis dan gurih.

Program ini diklaim sebagai usaha pembuatan gula merah pertama yang ada di Kalteng. “Pohon nipah banyak tumbuh di pinggir sungai DAS Arut dan danau di wilayah Desa Tanjung Putri Kecamatan Aruta Selatan. Maka yang kami bina untuk uji coba adalah sejumlah warga Desa Tanjung Putri,” kata Maman Supirman, Minggu (3/7).

Sebelumnya, Yayorin mendatangkan beberapa orang ahli pembuat gula nipah dari Cilacap untuk memberi pelatihan kepada warga tentang cara memproses penyadapan bahan baku gula dari Nipah kepada warga Desa Tanjung Putri.

Menurut Maman, sumber ekonomi rakyat yang berhasil digali dari pohon nipah dan diharapkan bisa diperhatikan oleh Pemkab Kobar dalam artian adanya pemberian modal usaha ”Maaf, untuk memberikan modal kami belum bisa. Hanya baru bisa memberikan jalan melalui pembinaan. Dan hasilnya cukup lumayan. Gulanya manis dan gurih, rasanya jauh berbeda dengan gula aren,” aku Maman.

Ibu Salbiah, salah satu perajin gula nipah yang dibina Yayorin mengatakan, ia sudah menekuni usaha ini selama dua bulan. Sebelum membuat gula nipah, dirinya sudah 10 tahun menekuni usaha kerajinan anyaman daun nipah.

”Berkat binaan Yayorin selama dua bulan, saya sudah bisa mengolah gula dari pohon nipah. Memang, saya mengharapkan sekali bantuan modal uang untuk mengembangkan usaha gula merah dari pohon nipah,” ungkapnya.

Ibu Amrah (47), janda warga Desa Tanjung Putri juga mengharapkan bantuan serupa. Janda empat anak yang sudah 20 tahun menekuni usaha anyaman purun untuk tikar itu mengaku tak pernah tersentuh bantuan pemerintah.

“Selama 20 tahun tidak pernah ada perhatian untuk diberi modal usaha, misalnya dari Kepala Desa, Camat, atau Bupati. Kami harap ke depan ada bantuan permodalan agar usaha ini dapat kami kembangkan,” ujarnya. maman

Sumber : http://media.hariantabengan.com/index/detailpalangkarayaberitaphoto/id/14018

2 komentar:

  1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan
    silahkan hubungi
    Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    supaya lebih jelas

    Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB

    ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya

    BalasHapus
  2. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya Wanda Hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh.Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus